OKU Selatan Sumsel, porosinformasi.co.id–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan gelar rapat Pleno penetapan hasil Pilkada Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang telah dilaksanakan pada Desember tahun lalu. Kegiatan digelar pada Kamis (18-02-2021) bertempat di Gedung Kesenian Muara Dua.

Selayaknya kegiatan yang berisikan materi publikasi, rapat pleno ini diliput oleh hampir seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten OKU Selatan. Hal ini sesuai dengan tugas jurnalis untuk melakukan liputan kegiatan agar dapat diinformasikan kepada masyarakat. Dan juga sebagai media informasi, awak media juga berhak mendapatkan uang publikasi yang memang ada dalam anggaran yang digelontorkan oleh KPU Pusat.

Baca Juga  Jelang Pencoblosan KPU OKU Selatan Distribusikan Logistik dan Surat Suara

Tetapi di lapangan, para awak media yang hadir dan meliput kegiatan tidak semuanya menerima uang publikasi sehinggga menimbulkan sedikit persoalan bagi mereka.

Salah satu perwakilan dari awak media, Agus Salim yang menerima uang publikasi dari Bendahara KPUD OKU Selatan sebesar Lima Juta Rupiah. Agus mengatakan nilai tersebut bukan untuk dirinya sendiri tetapi dibagi juga untuk salah satu Komisioner KPUD OKU Selatan sebagai uang pergaulan.

“Uang sebesar lima juta tersebut hanya saya terima empat juta rupiah, satu jutanya diberikan kepada salah satu Komisioner KPU sebagai uang rokok dan uang pergaulan, ” ungkap Agus.

Selanjutnya ketika dikonfirmasi melalui Bendara KPU via WhatsApp membenarkan jika Agus Salim, perwakilan dari awak media telah mengambil uang publikasi sebagai uang liputan.

Baca Juga  Surat Suara Pemilihan Bupati Tiba di Gudang KPU OKU Selatan

“Uang yang dikeluarkan untuk media itu, sebesar sepuluh juta rupiah. Lima jutanya untuk pembayaran uang Advertorial ( Adv) untuk dua media yang telah memiliki kontrak kerja sama dengan KPUD OKU Selatan. Dan lima jutanya lagi untuk media lainya sebagai uang liputan, diberikan kepada Agus sebagai perwakilan”,Jelasnya. Senin (22/02/2021).

Terpisah, salah satu Komisioner KPU, Sarnubi saat dihubungi melalui panggilan WhatsApp menyampaikan bahwa benar uang yang diberikan kepada Agus Salim sebesar Empat juta Rupiah. Satu Jutanya sebagai uang rokok dalam pergaulan karena telah lama kenal.

Untuk kegiatan kedepan, bagi media yang belum mendapatkan uang Publikasi tersebut, akan kita prioritaskan. Tetapi memang tidak ada media yang menayangkan pemberitaan Advertorial ( Adv) melainkan pemberitaan biasa, kecuali bagi dua media yang telah memiliki kontrak kerja sama sebelumnya”,Ujar Sarnubi. (Red)

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!