OKU Selatan Sumsel, porosinformasi.co.id–Kementrian Dalam Negeri dan Kepala Badan Pusat Statistik RI, gelar rilis bersama data sensus penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan 2020 menuju satu data kependudukan indonesia melalui Virtual.

Kegiatan ini juga di ikuti oleh pemerintah daerah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang dihadiri oleh Kadisduk Capil OKU Selatan dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Selatan serta undangan lainnya. Bertempat di ruang vidcon diskominfo OKU Selatan. Kamis (21-01-2021)

Kepala BPS RI DR., Suhariyanto, pada kesempatan ini mengatakan sensus penduduk di tahun 2020 ini merupakan sensus penduduk pertama yang memanfaatkan data administrasi kependudukan (Adminduk) dari direktorat jenderal kependudukan dan pencatatan sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai data dasarnya.

Baca Juga  Jelang Kunjungan Gubernur Sumsel, Pemda OKU Selatan Gelar Rapat Persiapan

Adapun tujuannya yakni, menuju satu data kependudukan indonesia dan sensus penduduk merupakan program yang dilakukan 10 tahun sekali, yang bertujuan untuk menghasilkan satu data.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program satu data indonesia, berdasarkan peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019”.jelasnya

Dikatakanya juga sensus penduduk tahun 2020 dilakukan dua tahap diawali dengan sensus penduduk online pada 15 Februari hingga 29 Mei 2020, dan sensus penduduk wawancara pada bulan September 2020.

Pada sensus penduduk online penduduk melakukan pengisian data secara mandiri terkait kondisi pandemi Covid-19 membuat BPS harus melakukan penyesuaian.

“Pada September 2020, sensus penduduk dilakukan langsung oleh petugas pencacah, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada”,ungkapnya

Baca Juga  Selang Satu Minggu Dua Oknum ASN di OKU Selatan Berhasil Diringkus

Sebelumnya, Kepala BPS RI juga mengatakan data dari Sensus Penduduk 2020 merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

“Data hasil Sensus Penduduk 2020 nantinya tidak hanya bermanfaat untuk perencanaan masa kini, tetapi juga untuk masa yang akan datang”,pungkasnya. (Red)

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!